Sekolah
: SMA Unggul Del Laguboti
Mata pelajaran
: Fisika
Kelas/Semester
: X PMIA / Ganjil
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI-3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerap-kan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.5 Menganalisis gerak parabola dengan
menggunakan vektor, berikut makna fisisnya dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari. |
3.5.1 Mengidentifikasi
besaran-besaran pada gerak parabola dan hubungan besaran-besaran tersebut 3.5.2
Menjelaskan karakteristik gerak
parabola 3.5.3 Mengklasifikasikan gerak
parabola pada arah horizontal dan arah vertikal 3.5.4 Menerapkan gerak parabola pada
berbagai fenoma dalam kehidupan sehari-hari 3.5.5 Menganalisis karakteristik
gerak parabola pada arah horizontal dengan arah vertical |
4.5 Mempresentasikan data hasil percobaan
gerak parabola dan makna fisisnya |
4.5.1 Menentukan alat/bahan
percobaan gerak parabola 4.5.2 Merancang percobaan gerak
parabola dengan menggunakan software tracker 4.5.3
Melakukan percobaan gerak
parabola dengan menggunakan software tracker 4.5.4 Menganalisis data hasil
percobaan yang diperoleh. 4.5.5 Menyusun laporan
percobaan gerak parabola |
C. Materi Pembelajaran
Gerak parabola:
· Gerak Parabola
· Persamaan Gerak parabola
· Pemanfaatan Gerak
Parabola dalam Kehidupan Sehari-hari
D. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (2 x 45 JP)
Indikator:
3.5.1
Menjelaskan karakteristik gerak parabola
3.5.2 Mengidentifikasi besaran-besaran
pada gerak parabola dan hubungan besaran-besaran tersebut
3.5.3 Mengklasifikasikan gerak parabola
pada arah horizontal dan arah vertikal
a. Kegiatan Pendahuluan
· Memberi salam dan Berdo’a
· Menyanyikan lagu Indonesia Raya
· Presensi dan pengkondisian kelas
· Menyampaikan prasyarat :
Vektor,
GLB, dan GLBB
Menyampaikan motivasi :
Pernahkah anda bermain Bola Voly atau Basket ? Bagaimana caranya agar bola Basket bisa tepat masuk
pada keranjang (Ring)?
Bagaimana Tekniknya ?
· Menyampaikan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti
Fase 1 Orientasi peserta didik kepada masalah |
-
Peserta didik memperhatikan berbagai video yang ada kaitannya dengan
penerapan konsep gerak parabola pada kehidupan sehari-hari. -
Dari simulasi yang diberikan peserta didik dihadapkan pada masalah :”Ada
seorang pilot bersama dua awak pesawat, yang sedang bertugas memberikan
bantuan kepada korban bencana di suatu daerah X yang tidak bisa diakses oleh
transportasi darat maupun laut. Pilot tersebut mengoperasikan pesawat dengan
kecepatan v seperti pada gambar 1.1. Untuk memberikan bantuan tersebut
petugas harus menjatuhkan bantuan yang sudah dikemas dengan kuat tepat di
daerah X tanpa harus mendaratkan pesawat. Dimana pesawat tersebut harus menjatuhakan barang bantuan ?” |
Fase 2 Mengorganisasikan peserta didik |
-
Untuk menyelesaikan masalah di atas, peserta didik dikelompokkan secara
heterogen, masing-masing mengkaji lembar kegiatan percobaan gerak parabola
dengan menggunakan software tracker. -
Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru mengenai penggunaan software
tracker untuk menganalisis gerak parabola. -
Peserta didik mencoba mengoperasikan dan menggunakan tool pada software
tracker yang akan digunakan untuk menganalisis gerak parabola dengan
menggunakan laptop/notebook/netbook sendiri. |
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok |
-
Peserta didik melakukan percobaan gerak parabola dengan berpedoman pada
Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang sudah disediakan guru. -
Peserta didik diarahkan untuk bekarja secara kelompok dengan menjunjung
tinggi kejujuran dan tanggung jawab. -
Setiap kelompok melakukan percobaan sesuai dengan prosedur dalam LKPD -
Setiap kelompok diarahkan untuk menjawab setiap masalah yang terdapat dalam
LKPD. -
Peserta didik dibimbing dalam proses pemecahan masalah. |
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
-
Peserta didik mendiskusikan konsep mengenai gerak parabola dengan bantuan
langkah pemecahan masalah yang berupa pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kegiatan -
Peserta didik mengolah dan menganalisis data hasil percobaan gerak parabola
dari data pada software tracker -
Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok |
Fase 5 Menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah |
-
Peserta didik berdiskusi untuk menganalisis hasil pemecahan masalah dan
menyamakan persepsi mengenai karakteristik gerak parabola dengan menggunakan
vector dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai sumber
belajar. -
Peserta didik dan guru mengevaluasi serta menyimpulkan percobaan yang telah
dilakukan. |
c.
Kegiatan Penutup
Ø Membimbing peserta didik menyimpulkan
materi gerak parabola
Ø Memberikan apresiasi pada kelompok yang telah menampilkan presentasi dengan baik.
Ø Memberikan evaluasi nencakup
materi yang telah di pelajari
Ø Memberi tugas membaca
dan mengulang kembali pelajaran tentang gerak parabola
E. Teknik penilaian
Ø Tes Lisan dalam PH
Ø Tes Tertulis dalam PH dan PS
Ø Penugasan
F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media : LKPD, Laptop, Video
2. Bahan/alat: Kertas, Bola Pingpong, Penggaris
3. Sumber Belajar : Buku fisika
kelas X , Buku Fisika Giancoli Edisi 7.
Lampiran-lampiran:
1.
Materi Pembelajaran Pertemuan 1
Pengertian Gerak
Parabola
Gerak parabola merupakan gerak dua dimensi suatu benda yang bergerak
membentuk sudut tertentu (sudut elevasi) dengan sumbu x atau y. Bukan gerak
yang lurus vertikal atau lurus horizontal. Sebagai ilustrasi kita melempar buah
apel kepada teman yang berada di depan kita. Jika dicermati, lintasan yang
dilalui oleh apel adalah parabola.
Gerak parabola merupakan gabungan antara gerak lurus beraturan (GLB) dan
gerak lurus berubah beraturan.
Komponen sumbu x
Pada gerak parabola, komponen sumbu x merupakan komponen dari GLB, di mana
kecepatan pada arah horizontal di posisi manapun adalah tetap (konstan). CATATAN
PENTING : Komponen kecepatan awal (Vo) di sumbu x adalah Vox = Vo
cos θ. Persamaan pada sumbu x diperoleh dari persamaan umum GLB. Tabel
berikut menunjukkan persamaan gerak parabola pada sumbu x yang diambil dari
persamaan umum GLB.
Komponen sumbu y
Pada komponen sumbu y, gerak parabola merupakan GLBB diperlambat karena
berlawanan dengan gravitasi. Masih ingat 3 persamaan GLBB ? perlu diketahui
perubahan simbol pada gerak parabola dari GLBB : posisi atau perpindahan benda
disimbolkan dengan y ( pada GLBB disimbolkan s), percepatan menggunakan
percepatan gravitasi -g karena ke arah atas (pada GLBB percepatan benda a). CATATAN
PENTING : Komponen kecepatan awal (Vo) di sumbu y adalah Voy = Vo
sin θ. Tabel berikut menunjukkan persamaan gerak parabola pada sumbu y
yang diambil dari persamaan umum GLBB.
Menentukan Waktu untuk
Ketinggian Maksimum (puncak)
Ketinggian maksimum dicapai pada sumbu y, maka kita harus menggunakan
tinjauan komponen sumbu y di atas. Pada ketinggian maksimum, kecepatan benda
pada sumbu y adalah nol (Vy =0). sehingga diperoleh persamaan :
Menentukan Waktu untuk
kembali ke posisi/ketinggian semula
waktu yang ditempuh benda selama bergerak di udara dari posisi awak
ke posisi akhir pada ketinggian yang sama adalah sama dengan 2 kali waktu yang
diperlukan untuk mencapai ketinggian maksimum. Sehingga diperoleh persamaan :
Menentukan Ketinggian
Maksimum
sama seperti tinjauan menentukan waktu untuk ketinggian
maksimum di atas, namun kita gunakan persamaan kecepatan yang ke dua. Yaitu :
Menentukan Jangkauan
Maksimum
Jangkauan maksimum merupakan jarak maksimum yang ditempuh
dalam sumbu x (arah horizontal). Untuk memperoleh persamaannya digunakan
tinjauan pada sumbu x. Ingat untuk menentukan jarak pada arah horizontal
digunakan persamaan x = Vo sin θ x tx dimana besarnya tx =
2 tp.
Xmax = Vo Sin2
Gerak setengah
Parabola
Gerak setengah parabola merupakan gerak suatu benda yang
pada awalnya bergerak horizontal pada ketinggian tertentu, sehingga ketika
jatuh ke bawah akan membentuk lintasan setengah parabola. Hal yang perlu
diperhatikan pada gerak ini adalah :
- Pada arah
vertikal ke bawah berlaku persamaan gerak jatuh bebas h = ½ gt2
- Pada arah
horizontal berlaku persamaan GLB X = V x t
2.
Instrumen Penilaian Pertemuan 1
A. Penilaian
hasil belajar
A.
Penilaian Pengetahuan
Indikator Soal |
Rumusan Soal |
Rubrik
Penilaian |
1. Menyebutkan karakteristik gerak
parabola |
Bagaimana
jenis gerak pada arah sumbu-x (horizontal) dan arah sumbu-y
(vertical) dari gerak parabola? Jelaskan! |
|
2. Menentukan hubungan antara
kecepatan awal lemparan dengan posisi benda pada gerak parabola |
Suatu
proyektil ditembakan ke atas dengan sudut θ terhadap horizontal, dengan
kecepatan v0, sehingga membentuk lintasan parabola. Bagaimana kecepatan
proyektil di setiap titik? (sama atau berbeda, jelaskan dengan sketsa
gambar!) |
|
3. Menentukan hubungan sudut elevasi
dengan jangkauan dan tinggi pada gerak parabola |
Sebuah
benda dilempar miring ke atas dengan sudut elevasi sebesar 45o sehingga lintasannya
parabola. Pada saat jarak tempuh mendatarnya (x) = 20 m, maka ketinggiannya
(y) adalah …. (Kecepatan awal, vo = 20 m/s) |
|
4. Mengaplikasikan konsep gerak
parbola untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari |
Seorang
pemain basket setinggi 2,00 m sedang berdiri di lantai sejauh 10,0 m dari
keranjang, seperti pada gambar S4.54. Jika ia menembakkan bola dengan sudut
400 terhadap arah horizontal, pada kelajuan awal berapa ia harus melempar
bola sehingga bola masuk ring dengan mulus tanpa mengenai papan? |
|
5. Menganalisis karakteristik gerak
parabola dari grafik posisi terhadap waktu |
Jhon
menendang bola dengan dengan berbagai sudut kemiringan, berikut gambaran
lintasan yang ditempuh bola. Dari
keempat lintasan tersebut, jelaskan mengenai waktu yang diperlukan untuk
menempuh setiap lintasan tersebut! (sama, lebih besar atau lebih kecil) |
|
B.
Penilaian Keterampilan
Lembar penilaian unjuk kerja
No |
Nama Siswa |
Aspek yang dinilai |
Total skor |
Nilai |
|||||||||||
Merangkai alat |
Penga-matan |
Data |
Kesim-pulan |
||||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik penilaian unjuk kerja
Kriteria |
Skor |
||
1 |
2 |
3 |
|
Merangkai alat |
Rangkaian alat tidak benar |
Rangkaian alat benar, tetapi tidak rapi atau tidak memperhatikan keselamatan
kerja |
Rangkaian alat benar, rapi, dan memperhatikan keselamatan kerja |
Pengamatan |
Pengamatan tidak cermat |
Pengamatan cermat, tetapi mengandung interpretasi |
Pengamatan cermat dan bebas interpretasi |
Data yang diperoleh |
Data tidak lengkap |
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir, atau ada yang salah tulis |
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar |
Kesimpulan |
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan |
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak sesuai tujuan |
Semua benar atau sesuai tujuan |
Teknik penilaian unjuk kerja
Keterangan:
Jika nilai yang diperoleh 91 – 100
% (Sangat Baik)
Jika nilai yang diperoleh 80 – 90
% (Baik)
Jika nilai yang diperoleh 70 – 79
% (Cukup)
Jika nilai yang diperoleh 60 – 69
% (Kurang)
Jika nilai yang diperoleh kurang dari 60 % (Sangat
Kurang)
Balige, Desember
2016
Mengetahui
Kepala SMA Unggul
Del
Guru Mata Pelajaran Fisika
Drs.
Alfred H. Silalahi, M.Si., |
Muhamad Ruslanudin, S.Pd. |
Maaf pak, bisa minta file RPP Gerak Parabola?
BalasHapus